Pelatihan Membuat Laporan Keuangan Bisnis Ritel

Salah satu dari antara masalah penting bisnis ritel adalah membuat laporan keuangan yang benar dan baik.

Tidak hanya di bisnis ritel sebenarnya, melainkan di semua bisnis.

Masalah ini juga dialami oleh Komunitas Koperasi Syariah (KKS) 212 , terutama yang sudah memiliki bisnis ritel, seperti gerai 212 Mart. Masalah ini seolah kecil, bisa diatasi dengan menyewa staf keuangan misalnya. Namun, sejatinya tidak sesederhana itu. Menurut I Nyoman Sugiarta, laporan keuangan yang benar dan baik adalah yang tidak sekadar laporan keuangan tapi mampu menjadi petunjuk arah bisnis ke depannya.

Lebih dari itu, sebelum laporan keuangan dibuat, harus ajeg pula rencana bisnis yang disiapkan oleh pengusaha ritel.

Oleh karena itulah, Koperasi Syariah 212 mengadakan Pelatihan Membuat Laporan Keuangan untuk Bisnis Ritel pada Sabtu, 3 Agustus 2019 di Kelas Internasional, STEI Tazkia, Sentul City, Bogor.

Di pelatihan yang padat ini, baik dari sisi peserta maupun ilmunya, pakar ritel I Nyoman Sugiarta tidak hanya melatih peserta membuat laporan keuangan, juga mengajak peserta menganalisa pasar dan membuat rencana bisnis. Pelatihanpun bukan lagi sekadar untuk pelatihan laporan keuagan, tapi lebih berasa sebagai pelatihan wirausaha.

I Nyoman Sugiarta yang berpengalaman ikut membesarkan beberapa peritel besar negeri ini, memberikan prediksi bisnis ke depan, lima tahun ke depan. Menurutnya, motor dan mobil listrik akan menggantikan mobil dan motor BBM. Meskipun sekarang masih sedikit di jalanan, kendaraan listrik, menurutnya teknologi akan membawa perubahan lebih cepat dari yang kita sangka.

Hal ini pernah terjadi, ketika kita tidak pernah menyangka lima atau sepuluh tahun lalu, internet akan membuat kita menjadi sangat tergantung saat ini.

Nah, Koperasi Syariah 212 akan terus mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas anggotanya. Hal ini disampaikan Ketua II Koperasi Syariah 212, Agus Siswanto dalam sambutannya. Acara yang dikomandoi oleh Eka Rusmiyanti, Koordinator Pusat Komunitas Koperasi Syariah 212 ini, penuh dengan peserta. Peserta juga antusias bertanya dan berdiskusi dengan narasumber hingga waktu pelatihan dari jam sembilan pagi sampai jam lima sore, dirasa tidak cukup.

Berikut ini adalah slide show foto-foto pelatihan:

Terkait

Shortlink: